cara cepat terbaik mengatasi error code 0x80070057

Cara Berjualan di TikTok Shop

Apakah Anda mengalami masalah dengan error code 0x80070057 pada perangkat Anda? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif. Error code 0x80070057 adalah salah satu kode kesalahan yang sering muncul pada sistem operasi Windows, dan dapat terjadi dalam berbagai situasi, termasuk saat menginstal atau memperbarui program, menjalankan pemulihan sistem, atau bahkan saat mencoba mengakses file tertentu.

Penting untuk memahami penyebab munculnya error code 0x80070057 agar dapat menemukan solusi yang tepat. Salah satu penyebab umum adalah adanya masalah dengan file sistem Windows atau dengan registri. Selain itu, masalah ini juga dapat terjadi karena ketidakcocokan versi program yang diinstal, kegagalan pembaruan sistem, atau bahkan adanya serangan malware.

Memeriksa dan Memperbaiki File Sistem Windows

Langkah pertama dalam mengatasi error code 0x80070057 adalah dengan memeriksa dan memperbaiki file sistem Windows yang rusak atau korup. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perintah SFC (System File Checker) dan CHKDSK (Check Disk).

Menggunakan Perintah SFC (System File Checker)

Perintah SFC adalah alat bawaan Windows yang dapat memeriksa integritas semua file sistem dan mengganti file yang rusak dengan yang baru. Untuk menggunakan perintah ini, buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik “sfc /scannow” (tanpa tanda kutip). Kemudian tekan Enter dan biarkan prosesnya selesai. Jika ada file sistem yang rusak, perintah ini akan memperbaikinya secara otomatis.

Menggunakan Perintah CHKDSK (Check Disk)

Perintah CHKDSK dapat digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki masalah pada hard disk. Untuk menggunakan perintah ini, buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik “chkdsk /f /r” (tanpa tanda kutip) diikuti dengan huruf drive yang ingin diperiksa, misalnya “chkdsk C:”. Kemudian tekan Enter dan biarkan prosesnya selesai. Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki masalah pada hard disk, yang dapat membantu mengatasi error code 0x80070057.

Memperbarui atau Menginstal Ulang Program yang Bermasalah

Jika error code 0x80070057 terjadi saat menginstal atau memperbarui program tertentu, langkah selanjutnya adalah memperbarui atau menginstal ulang program yang bermasalah. Hal ini dapat membantu memperbaiki ketidakcocokan versi program yang diinstal dengan sistem operasi Windows.

Memperbarui Program

Langkah pertama adalah memeriksa apakah ada pembaruan tersedia untuk program yang bermasalah. Buka program tersebut dan cari opsi “Perbarui” atau “Cek Pembaruan” dalam menu Pengaturan atau Bantuan. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut. Setelah memperbarui program, coba jalankan kembali dan periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul.

Menginstal Ulang Program

Jika memperbarui program tidak berhasil mengatasi error code 0x80070057, langkah selanjutnya adalah menginstal ulang program tersebut. Pertama, uninstall program yang bermasalah melalui Control Panel atau menggunakan alat uninstaller pihak ketiga. Setelah itu, unduh versi terbaru dari program tersebut melalui situs resmi atau toko aplikasi yang terpercaya. Setelah selesai mengunduh, instal program tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Setelah menginstal ulang, coba jalankan program dan periksa apakah error code 0x80070057 masih terjadi.

Menghapus File Pending Windows Update

Jika error code 0x80070057 terjadi saat mencoba memperbarui sistem operasi Windows, kemungkinan ada file pending Windows Update yang menyebabkan masalah. Untuk menghapus file pending tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

Membuka Command Prompt

Buka Command Prompt sebagai administrator dengan mengklik kanan pada menu Start dan memilih “Command Prompt (Admin)”.

Mengetikkan Perintah

Ketikkan perintah “net stop wuauserv” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini akan menghentikan layanan Windows Update.

Menghapus File Pending

Ketikkan perintah “ren %systemroot%\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini akan mengubah nama folder SoftwareDistribution menjadi SoftwareDistribution.old.

Mengaktifkan Kembali Layanan Windows Update

Ketikkan perintah “net start wuauserv” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Perintah ini akan mengaktifkan kembali layanan Windows Update.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, coba jalankan pembaruan sistem operasi Windows lagi dan periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul.

Menonaktifkan Program Antivirus Sementara

Beberapa program antivirus dapat mengganggu proses instalasi atau pembaruan sistem dan menyebabkan error code 0x80070057. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan program antivirus sementara sebelum menjalankan instalasi atau pembaruan sistem. Namun, pastikan Anda hanya melakukannya jika Anda yakin bahwa sumber instalasi atau pembaruan tersebut aman dan terpercaya.

Menonaktifkan Program Antivirus

Buka program antivirus yang terpasang di perangkat Anda dan cari opsi untuk menonaktifkan perlindungan sementara atau mode game. Opsi ini biasanya dapat ditemukan dalam menu Pengaturan atau Proteksi Real-time. Aktifkan opsi tersebut untuk menonaktifkan program antivirus sementara.

Menjalankan Instalasi atau Pembaruan Sistem

Setelah menonaktifkan program antivirus sementara, jalankan instalasi atau pembaruan sistem seperti biasa. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang diberikan dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali program antivirus Anda.

Jika error code 0x80070057 tidak muncul setelah menonaktifkan program antivirus sementara, ini menunjukkan bahwa program antivirus Anda mungkin bertanggung jawab atas masalah tersebut. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti program antivirus dengan yang lebih kompatibel dengan sistem operasi Windows Anda.

Memperbarui Driver Perangkat Keras

Driver perangkat keras yang tidak terbaru atau rusak dapat menyebabkan error code 0x80070057. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memperbarui driver perangkat keras ke versi terbaru.

Memeriksa Versi Driver

Pertama, Anda perlu memeriksa versi driver perangkat keras yang saat ini terpasang di perangkat Anda. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X, lalu pilih “Device Manager” dari menu yang muncul. Cari perangkat keras yang bermasalah dalam daftar perangkat, klik kanan, dan pilih “Properties”. Di tab “Driver”, Anda akan melihat versi driver yang saat ini terpasang.

Mengunduh dan Menginstal Driver Terbaru

Setelah mengetahui versi driver yang saat ini terpasang, kunjungi situs web produsen perangkat keras tersebut. Cari halaman dukungan atau unduhan, dan temukan driver terbaru untuk perangkat keras Anda sesuai dengan versi sistem operasi Windows yang Anda gunakan. Unduh driver tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untukmenginstalnya. Setelah selesai menginstal driver baru, restart perangkat Anda untuk menerapkan perubahan. Setelah restart, periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul.

Menjalankan Pemulihan Sistem

Jika Anda mengalami error code 0x80070057 setelah menginstal atau memperbarui program tertentu, atau setelah terjadinya serangan malware, menjalankan pemulihan sistem dapat menjadi solusi yang efektif.

Membuka Pengaturan Pemulihan

Buka menu Start, pilih “Settings”, dan klik “Update & Security”. Di menu sebelah kiri, pilih “Recovery”. Di bagian “Reset this PC”, klik tombol “Get started”.

Memilih Opsi Pemulihan

Anda akan disajikan dengan dua opsi pemulihan: “Keep my files” dan “Remove everything”. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mempertahankan file pribadi Anda, pilih opsi “Keep my files”. Namun, jika Anda ingin menghapus segala sesuatu dan memulai dari awal, pilih opsi “Remove everything”.

Memulai Proses Pemulihan

Setelah memilih opsi pemulihan yang diinginkan, ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Perangkat Anda akan restart dan pemulihan sistem akan dilakukan. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa saat, jadi bersabarlah dan biarkan prosesnya selesai.

Setelah pemulihan sistem selesai, perangkat Anda akan kembali ke kondisi sebelumnya yang berfungsi dengan baik. Periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul setelah pemulihan sistem.

Mengecek dan Memperbaiki Registri Windows

Registri Windows yang rusak atau korup juga dapat menyebabkan error code 0x80070057. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa dan memperbaiki registri Windows.

Membuka Editor Registri

Untuk membuka Editor Registri, tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.

Membuat Cadangan Registri

Sebelum melakukan perubahan pada registri, sangat penting untuk membuat cadangan terlebih dahulu. Caranya, klik “File” di pojok kiri atas Editor Registri, lalu pilih “Export”. Pilih lokasi penyimpanan untuk file cadangan, beri nama file, dan klik “Save”.

Mencari dan Memperbaiki Registri yang Rusak

Setelah membuat cadangan, sekarang saatnya mencari dan memperbaiki registri yang rusak. Di Editor Registri, klik tombol “Edit” di pojok kiri atas, lalu pilih “Find”. Ketikkan “0x80070057” (tanpa tanda kutip) dan klik “Find Next”. Jika ada entri registri yang ditemukan, hapus entri tersebut dengan mengklik kanan dan memilih “Delete”. Ulangi langkah ini sampai tidak ada entri lagi yang ditemukan.

Menyegarkan Registri

Setelah menghapus entri registri yang rusak, klik tombol “Edit” di pojok kiri atas, lalu pilih “Find”. Ketikkan “0x80070057” (tanpa tanda kutip) dan klik “Find Next”. Jika tidak ada entri lagi yang ditemukan, berarti registri telah bersih dari entri yang rusak. Tutup Editor Registri dan restart perangkat Anda.

Setelah restart, periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul. Jika masih muncul, ada kemungkinan masalah yang lebih kompleks, dan Anda mungkin perlu mencari bantuan dari teknisi komputer profesional.

Menggunakan Alat Pemindaian Malware

Serangan malware juga dapat menyebabkan error code 0x80070057. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan alat pemindaian malware untuk memeriksa dan menghapus program berbahaya.

Mengunduh dan Menginstal Alat Pemindaian Malware

Buka browser web Anda dan cari alat pemindaian malware terpercaya, seperti Malwarebytes atau Windows Defender Offline. Unduh dan instal alat pemindaian tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Menggunakan Alat Pemindaian Malware

Jalankan alat pemindaian malware yang telah Anda instal dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai pemindaian. Biarkan alat pemindaian bekerja dan memindai seluruh sistem Anda. Jika ada program berbahaya yang terdeteksi, ikuti petunjuk untuk menghapusnya atau menyingkirkan mereka dari sistem Anda.

Memperbarui Program Keamanan

Setelah selesai melakukan pemindaian malware, pastikan untuk memperbarui program keamanan Anda ke versi terbaru. Ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dilindungi dari serangan malware di masa depan.

Setelah melakukan pemindaian malware dan memperbarui program keamanan, periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul. Jika masih muncul, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Membersihkan Disk

Kelebihan file sampah atau kekurangan ruang disk juga dapat menyebabkan error code 0x80070057. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu membersihkan disk dan menghapus file sampah yang tidak diperlukan.

Membuka Utilitas Pembersihan Disk

Buka File Explorer dan pilih drive yang ingin dibersihkan. Klik kanan pada drive tersebut dan pilih “Properties”. Di tab “General”, klik tombol “Disk Cleanup”.

Menghapus File Sampah

Di jendela Utilitas Pembersihan Disk, centang kotak di samping kategori file yang ingin Anda hapus, misalnya “Temporary files”, “Recycle Bin”, atau “Downloaded program files”. Setelah memilih kategori file yang ingin dihapus, klik tombol “OK” dan konfirmasikan penghapusan.

Membersihkan Disk

Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai. Setelah selesai, periksa apakah error code 0x80070057 masih muncul. Jika masih muncul, lanjutkan ke langkah terakhir.

Menghubungi Dukungan Teknis

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi error code 0x80070057, ada kemungkinan masalah yang lebih kompleks. Dalam hal ini, sangat penting untuk menghubungi dukungan teknis yang kompeten dan terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam mengatasi masalah ini. Mereka akan dapat melakukan analisis lebih lanjut pada sistem Anda dan memberikan solusi yang spesifik untuk masalah yang Anda hadapi.

Dalam kesimpulan, error code 0x80070057 dapat menjadi masalah yang menyebalkan pada sistem operasi Windows. Namun, dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat dengan cepat dan efektif mengatasi masalah ini. Penting untuk selalu memastikan sistem operasi Windows dan program diinstal selalu diperbarui, serta menjalankan program antivirus secara teratur untuk mencegah masalah serupa di masa depan.

You May Also Like

About the Author: administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *