cara cek dan perbaiki lan card komputer unidentified network

Cara Berjualan di TikTok Shop

Saat menggunakan komputer, terkadang kita mengalami masalah dengan jaringan yang tidak teridentifikasi atau unidentified network pada LAN Card. Masalah ini dapat menghambat kita dalam mengakses internet atau berbagi file antar komputer dalam jaringan lokal. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara cek dan perbaiki LAN Card komputer yang mengalami unidentified network dengan langkah-langkah yang detail dan komprehensif.

Sebelum kita memulai, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Unidentified network biasanya terjadi ketika sistem operasi tidak dapat mengenali jaringan yang sedang digunakan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti konfigurasi jaringan yang salah, masalah dengan driver LAN Card, atau bahkan kesalahan pada perangkat keras itu sendiri. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa langkah untuk mengecek dan memperbaiki masalah ini.

Mengecek Koneksi Fisik

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa koneksi fisik dari LAN Card komputer. Pastikan kabel jaringan terhubung dengan baik ke port LAN Card dan router atau switch. Periksa juga apakah lampu indikator pada LAN Card menyala atau tidak. Jika tidak, coba ganti kabel jaringan dan pastikan koneksi fisiknya benar-benar terhubung dengan baik.

Pastikan Kabel Jaringan Terpasang dengan Baik

Salah satu penyebab utama unidentified network adalah kabel jaringan yang tidak terhubung dengan baik. Pastikan kabel jaringan telah terpasang dengan benar di port LAN Card komputer dan router atau switch. Coba lepaskan dan pasang kembali kabel jaringan untuk memastikan tidak ada masalah pada konektor atau port yang digunakan. Seiring waktu, konektor dan port dapat mengalami keausan atau kotoran yang dapat mempengaruhi kualitas koneksi jaringan.

Periksa Lampu Indikator pada LAN Card

Lampu indikator pada LAN Card dapat memberikan petunjuk tentang kondisi koneksi jaringan. Jika lampu indikator tidak menyala, itu menunjukkan ada masalah dengan koneksi fisik. Pastikan LAN Card terpasang dengan benar di slot PCI dan pastikan juga bahwa LAN Card telah mendapat daya yang cukup. Jika lampu indikator tetap tidak menyala setelah memeriksa koneksi fisik dan pasokan daya, itu mungkin menunjukkan masalah pada perangkat keras LAN Card yang perlu diperbaiki atau diganti.

Ganti Kabel Jaringan

Jika setelah memeriksa koneksi fisik dan lampu indikator, masalah unidentified network masih tetap ada, cobalah untuk mengganti kabel jaringan. Kabel jaringan yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah koneksi. Pastikan menggunakan kabel jaringan yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang disarankan. Coba juga menggunakan kabel jaringan yang berbeda untuk memastikan tidak ada masalah pada kabel yang digunakan.

Memperbarui Driver LAN Card

Driver LAN Card adalah perangkat lunak yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan LAN Card. Jika driver yang digunakan sudah usang atau tidak kompatibel, hal ini bisa menyebabkan unidentified network. Untuk memperbarui driver, kita dapat mengunjungi situs web produsen LAN Card atau menggunakan fitur perbarui driver yang disediakan oleh sistem operasi.

Periksa Versi Driver saat Ini

Langkah pertama dalam memperbarui driver LAN Card adalah memeriksa versi driver saat ini yang ada di komputer. Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih Device Manager dari menu yang muncul. Cari kategori Network Adapters dan klik kanan pada LAN Card yang digunakan. Pilih Properties dan buka tab Driver. Di sini, kita dapat melihat versi driver saat ini yang terpasang pada komputer.

Kunjungi Situs Web Produsen LAN Card

Setelah mengetahui versi driver saat ini, kunjungi situs web produsen LAN Card untuk mencari pembaruan terbaru. Biasanya, situs web produsen menyediakan driver terbaru yang kompatibel dengan LAN Card mereka. Cari model LAN Card yang digunakan dan unduh driver terbaru yang tersedia. Pastikan untuk memilih driver yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Perbarui Driver melalui Device Manager

Jika tidak ingin mengunduh driver dari situs web produsen, kita juga dapat memperbarui driver melalui Device Manager. Kembali ke Device Manager dan klik kanan pada LAN Card yang digunakan. Pilih opsi Update Driver dan pilih opsi untuk mencari pembaruan driver secara otomatis. Jika ada pembaruan driver yang tersedia, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh dan menginstalnya.

Mengatur IP Address secara Manual

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, kita dapat mencoba mengatur IP address secara manual. Buka jendela Command Prompt dan ketikkan perintah “ipconfig” untuk melihat informasi IP address saat ini. Kemudian, buka pengaturan jaringan dan pilih opsi untuk mengatur IP address secara manual. Masukkan IP address, subnet mask, gateway, dan DNS server yang sesuai dengan konfigurasi jaringan yang digunakan.

Lihat Informasi IP Address saat Ini

Sebelum mengatur IP address secara manual, penting untuk mengetahui informasi IP address saat ini. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, dan tekan Enter. Di jendela Command Prompt, ketikkan perintah “ipconfig” dan tekan Enter. Informasi tentang IP address, subnet mask, gateway, dan DNS server akan ditampilkan. Catat informasi ini untuk referensi saat mengatur IP address secara manual.

Masuk ke Pengaturan Jaringan

Setelah mengetahui informasi IP address saat ini, masuk ke pengaturan jaringan pada komputer. Buka Control Panel dan cari opsi Network and Sharing Center atau Network Connections, tergantung pada versi sistem operasi yang digunakan. Pilih opsi untuk mengatur pengaturan jaringan atau mengubah adapter settings.

Pilih Opsi untuk Mengatur IP Address secara Manual

Di pengaturan jaringan, cari koneksi yang digunakan untuk LAN Card komputer. Klik kanan pada koneksi tersebut dan pilih Properties. Di jendela Properties, cari opsi untuk mengatur IP address secara manual. Biasanya, opsi ini terletak di tab TCP/IPv4 atau TCP/IPv6 tergantung pada konfigurasi jaringan yang digunakan.

Masukkan Informasi IP Address secara Manual

Pada jendela pengaturan IP address, pilih opsi untuk mengatur IP address secara manual dan masukkan informasi yang sesuai. Masukkan IP address, subnet mask, gateway, dan DNS server yang sesuai dengan konfigurasi jaringan yang digunakan. Pastikan untuk memasukkan informasi ini dengan benar. Setelah selesai, simpan pengaturan dan coba periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Menonaktifkan Firewall atau Antivirus

Seringkali, firewall atau antivirus yang terpasang dapat menghalangi koneksi jaringan yang tidak dikenali. Kita dapat mencoba untuk sementara menonaktifkan firewall atau antivirus yang digunakan untuk melihat apakah hal ini memperbaiki unidentified network. Jika masalah teratasi setelah menonaktifkan firewall atau antivirus, kita perlu memeriksa pengaturan keamanan yang lebih mendalam atau menggunakan alternatif yang lebih kompatibel dengan jaringan kita.

Menonaktifkan Firewall

Untuk menonaktifkan firewall, buka Control Panel dan cari opsi Windows Firewall atau Windows Defender Firewall, tergantung pada versi sistem operasi yang digunakan. Pilih opsi untuk mengatur pengaturan firewall. Di jendela pengaturan firewall, pilih opsi untuk mematikan atau menonaktifkan firewall. Simpan pengaturan dan coba periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Menonaktifkan Antivirus

Untuk menonaktifkan antivirus, cari ikon antivirus yang terletak di taskbar atau di menu Start. Klik kanan ikon tersebut dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau menangguhkan perlindungan. Beberapa antivirus juga menyediakan opsi untuk menonaktifkan perlindungan sementara. Pilih opsi tersebut dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, coba periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Pemeriksaan Pengaturan Keamanan

Jika masalah unidentified network teratasi setelah menonaktifkan firewall atau antivirus, periksa pengaturan keamanan yang lebih mendalam. Buka pengaturan firewall atau antivirus dan periksa pengaturan yang terkait dengan koneksi jaringan. Pastikan tidak ada pengaturan yang memblokir atau membatasi koneksi jaringan yang tidak dikenali. Jika perlu, atur pengaturan keamanan agar lebih sesuai dengan kebutuhan jaringan yang digunakan.

Pertimbangkan Alternatif Antivirus

Jika masalah unidentified network terus terjadi setelah menonaktifkan firewall atau antivirus, pertimbangkan untuk menggunakan alternatif antivirus yang lebih kompatibel dengan jaringan kita. Ada banyak pilihan antivirus yang tersedia di pasaran, dan beberapa antivirus mungkin lebih efektif dalam menghadapi masalah unidentified network. Lakukan riset dan pilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Memperbarui Firmware Router

Jika kita menggunakan router untuk menghubungkan komputer ke jaringan, mungkin firmware pada router perlu diperbarui. Firmware adalah perangkat lunak yang berjalan di dalam router dan memengaruhi fungsionalitas dan keamanan jaringan. Kunjungi situs web produsen router untuk memeriksa apakah ada pembaruan firmware yang tersedia. Jika ada, ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk memperbarui firmware router.

Masuk ke Pengaturan Router

Untuk memeriksa pembaruan firmware pada router, pertama-tama, kita perlu masuk ke pengaturan router. Buka browser web dan masukkan alamat IP default router di bilah alamat. Biasanya, alamat IP default router adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1, tetapi bisa berbeda tergantung pada merek dan model router yang digunakan. Masukkan nama pengguna dan kata sandi administrator untuk masuk ke pengaturan router.

Cari Opsi Pembaruan Firmware

Setelah masuk ke pengaturan router, cari opsi atau tab yang berkaitan dengan firmware atau pembaruan perangkat lunak. Beberapa router memiliki opsi untuk memeriksa pembaruan firmware secara otomatis, sementara yang lain mungkin memerlukan unduhan dan instalasi manual. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk memeriksa dan memperbarui firmware router.

Unduh dan Instal Firmware Terbaru

Jika ada pembaruan firmware yang tersedia, unduh firmware terbaru dari situs web produsen router. Pastikan untuk mengunduh firmware yang sesuai dengan merek dan model router yang digunakan. Setelah mengunduh firmware, ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk menginstalnya. Proses instalasi firmware mungkin memerlukan beberapa saat dan router akan reboot setelah selesai.

Melakukan Reset pada LAN Card

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kita dapat mencoba melakukan reset pada LAN Card. Matikan komputer dan cabut kabel daya dari sumber listrik. Lepaskan LAN Card dari slot PCI dan biarkan selama beberapa menit. Pasang kembali LAN Card ke slot PCI dan nyalakan komputer. Setelah itu, coba periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Matikan Komputer dan Lepaskan Kabel Daya

Sebelum melakukan reset pada LAN Card, pastikan untuk mematikan komputer dan melepaskan kabel daya dari sumber listrik. Ini akan memastikan keselamatan dan mencegah kerusakan pada perangkat keras.

Lepaskan LAN Card dari Slot PCI

Setelah mematikan komputer dan melepaskan kabel daya, buka casing komputer dan temukan LAN Card yang terpasang di slot PCI. Lepaskan baut atau klip yang mengunci LAN Card ke slot PCI dan hati-hati keluarkan LAN Card dari slot. Pastikan untuk tidak merusak komponen lain saat melepaskan LAN Card.

Tunggu Beberapa Menit

Setelah melepaskan LAN Card dari slot PCI, biarkan LAN Card tidak terpasang selama beberapa menit. Ini akan memberi waktu bagi komponen untuk melepaskan muatan listrik yang tersisa dan mengembalikan pengaturan default.

Pasang Kembali LAN Card ke Slot PCI

Setelah beberapa menit, pasang kembali LAN Card ke slot PCI dengan hati-hati. Pastikan LAN Card terpasang dengan benar dan aman di slot. Kencangkan baut atau klip pengunci untuk menjamin kestabilan LAN Card.

Nyalakan Komputer

Setelah LAN Card terpasang kembali dengan benar, sambungkan kembali kabel daya ke sumber listrik dan nyalakan komputer. Tunggu hingga komputer booting dan periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Menyegarkan Protokol Jaringan

Protokol jaringan seperti TCP/IP dapat mengalami gangguan atau korupsi yang menyebabkan unidentified network. Untuk menyegarkan protokol jaringan, buka Command Prompt dan ketikkan perintah “netsh int ip reset”. Setelah perintah tersebut selesai dieksekusi, restart komputer dan periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Buka Command Prompt

Untuk membuka Command Prompt, tekan tombol Windows + R pada keyboard, ketik “cmd” dalam kotak dialog yang muncul, dan tekan Enter. Jendela Command Prompt akan terbuka.

Ketikkan Perintah “netsh int ip reset”

Di jendela Command Prompt, ketikkan perintah “netsh int ip reset” dan tekan Enter. Perintah ini akan mengatur ulang konfigurasi protokol jaringan dan menghapus semua pengaturan yang mungkin menyebabkan masalah unidentified network.

Restart Komputer

Setelah perintah “netsh int ip reset” selesai dieksekusi, restart komputer untuk menerapkan perubahan. Setelah komputer menyala kembali, periksa apakah masalah unidentified network sudah teratasi.

Memeriksa Jaringan Lainnya

Jika masalah unidentified network hanya terjadi pada satu komputer, ada kemungkinan ada masalah pada jaringan lainnya. Periksa komputer lain di jaringan yang sama untuk melihat apakah mereka juga mengalami masalah serupa. Jika tidak, kemungkinan masalah terletak pada komputer itu sendiri. Dalam hal ini, periksa pengaturan jaringan, perangkat lunak keamanan, atau bahkan pertimbangkan untuk mengganti LAN Card yang bermasalah.

Periksa Komputer Lain di Jaringan

Untuk memeriksa apakah masalah unidentified network hanya terjadi pada satu komputer, periksa komputer lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Pastikan komputer lain tersebut dapat mengakses internet dan berbagi file melalui jaringan. Jika komputer lain tidak mengalami masalah unidentified network, kemungkinan masalah terletak pada komputer yang mengalami masalah tersebut.

Periksa Pengaturan Jaringan

Jika masalah unidentified network hanya terjadi pada satu komputer, periksa pengaturan jaringan pada komputer tersebut. Buka pengaturan jaringan dan periksa pengaturan IP address, subnet mask, gateway, dan DNS server. Pastikan pengaturan ini sesuai dengan konfigurasi jaringan yang digunakan. Jika perlu, ubah pengaturan yang salah atau tidak sesuai.

Periksaperangkat lunak keamanan

Perangkat lunak keamanan seperti firewall atau antivirus juga dapat menyebabkan masalah unidentified network. Periksa pengaturan perangkat lunak keamanan pada komputer yang mengalami masalah. Pastikan tidak ada pengaturan yang memblokir atau membatasi koneksi jaringan yang tidak dikenali. Jika perlu, atur pengaturan keamanan agar lebih sesuai dengan kebutuhan jaringan yang digunakan.

Pertimbangkan untuk Mengganti LAN Card

Jika setelah memeriksa pengaturan jaringan dan perangkat lunak keamanan masalah unidentified network masih tetap ada, pertimbangkan untuk mengganti LAN Card yang bermasalah. LAN Card yang rusak atau tidak kompatibel dengan sistem operasi atau jaringan yang digunakan dapat menyebabkan masalah unidentified network. Konsultasikan dengan teknisi komputer atau coba gunakan LAN Card yang lain untuk melihat apakah masalah teratasi setelah mengganti LAN Card.

Menghubungi Teknisi Jaringan

Jika semua langkah di atas tidak berhasil atau kita tidak nyaman melakukannya sendiri, sebaiknya hubungi teknisi jaringan yang berpengalaman. Mereka dapat membantu mendiagnosis dan memperbaiki masalah unidentified network dengan menggunakan peralatan dan pengetahuan yang lebih mendalam.

Konsultasikan Masalah dengan Teknisi Jaringan

Hubungi teknisi jaringan yang berpengalaman dan jelaskan masalah unidentified network yang kita alami. Berikan informasi detail tentang langkah-langkah yang telah kita lakukan untuk mengecek dan memperbaiki masalah tersebut. Teknisi jaringan akan dapat memberikan saran atau melakukan tindakan yang lebih lanjut untuk memperbaiki masalah unidentified network.

Agendakan Kunjungan Teknisi Jaringan

Jika teknisi jaringan menyarankan untuk melakukan kunjungan langsung, jadwalkan waktu yang sesuai untuk kunjungan tersebut. Pastikan untuk memberi tahu teknisi jaringan tentang kondisi jaringan dan perangkat yang digunakan sehingga mereka dapat mempersiapkan alat dan perangkat yang diperlukan. Bersiaplah untuk membayar biaya layanan yang mungkin dikenakan oleh teknisi jaringan.

Mencegah Masalah di Masa Depan

Setelah berhasil memperbaiki masalah unidentified network, penting untuk mencegahnya terjadi kembali di masa depan. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain memperbarui driver secara teratur, menjaga kebersihan fisik komputer dan kabel jaringan, serta memastikan pengaturan jaringan sesuai dengan konfigurasi yang benar. Selain itu, menggunakan perangkat lunak keamanan yang kompatibel dengan jaringan dan menghindari pengaturan yang tidak dikenali juga dapat membantu mencegah masalah unidentified network.

Perbarui Driver Secara Teratur

Driver yang tidak diperbarui secara teratur dapat menyebabkan masalah unidentified network. Pastikan untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan driver yang tersedia untuk LAN Card secara berkala. Situs web produsen LAN Card biasanya menyediakan pembaruan driver terbaru yang dapat diunduh dan diinstal dengan mudah. Perbarui driver secara teratur untuk menjaga kompatibilitas dan kinerja yang optimal.

Jaga Kebersihan Fisik Komputer dan Kabel Jaringan

Debu dan kotoran dapat mengganggu koneksi jaringan dan menyebabkan masalah unidentified network. Jaga kebersihan fisik komputer dengan membersihkan debu secara teratur. Gunakan kuas atau semprot udara untuk membersihkan ventilasi komputer, slot PCI, dan konektor LAN Card. Selain itu, pastikan kabel jaringan dalam kondisi baik dan tidak terlipat atau terjepit. Jika perlu, ganti kabel jaringan yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Pastikan Pengaturan Jaringan Sesuai dengan Konfigurasi yang Benar

Pengaturan jaringan yang tidak sesuai dengan konfigurasi yang benar dapat menyebabkan masalah unidentified network. Periksa pengaturan IP address, subnet mask, gateway, dan DNS server pada komputer secara berkala. Pastikan pengaturan ini sesuai dengan konfigurasi jaringan yang digunakan. Jika perlu, atur ulang pengaturan jaringan agar sesuai dengan konfigurasi yang benar.

Gunakan Perangkat Lunak Keamanan yang Kompatibel

Perangkat lunak keamanan yang tidak kompatibel dengan jaringan dapat mengganggu koneksi jaringan dan menyebabkan masalah unidentified network. Pastikan menggunakan perangkat lunak keamanan yang kompatibel dengan jaringan yang digunakan. Lakukan riset dan pilih perangkat lunak keamanan yang dapat berfungsi dengan baik dalam lingkungan jaringan yang kita gunakan.

Hindari Pengaturan yang Tidak Dikenali

Pengaturan jaringan yang tidak dikenali atau tidak familiar dapat menyebabkan masalah unidentified network. Hindari mengubah pengaturan jaringan yang tidak kita pahami sepenuhnya. Jika tidak yakin, minta bantuan dari teknisi jaringan atau ahli yang kompeten. Menggunakan pengaturan yang tidak dikenali dapat menyebabkan konflik dan masalah koneksi jaringan yang tidak diinginkan.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara cek dan perbaiki LAN Card komputer yang mengalami unidentified network. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kita diharapkan dapat memperbaiki masalah tersebut dan kembali menggunakan jaringan dengan normal. Jika masalah persisten atau tidak teratasi, sebaiknya hubungi teknisi jaringan yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

You May Also Like

About the Author: administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *